PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT TENTANG PEMANFAATAN SARANA PELAYANAN KESEHATAN PUSKESMAS DESA BOMBA KECAMATAN MARAWOLA KABUPATEN SIGI

AWAL, MUHAMMAD (2024) PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT TENTANG PEMANFAATAN SARANA PELAYANAN KESEHATAN PUSKESMAS DESA BOMBA KECAMATAN MARAWOLA KABUPATEN SIGI. S 1 thesis, STIK Indonesia Jaya.

Full text not available from this repository.

Abstract

Puskesmas merupakan suatu unit fungsional strata pertama yang merupakan ujung tombak pusat pelayanan kesehatan yang wajib menyelenggarakan pelayanan dan pemeliharaan kesehatan secara bermutu, terjangkau, adil dan merata kepada masyarakat. Desa Bomba merupakan salah satu desa dalam wilayah kerja Puskesmas Marawola yang tercatat memiliki angka kunjungan atau pemanfaatan pelayanan kesehatan terendah di Puskesmas dibandingkan dengan desa lainnya, yaitu 3,22% setiap tahunnya. Tingkat pengetahuan dan sikap yang kurang tentang Puskesmas mempunyai pengaruh terhadap pemanfaatannya, masyarakat yang tidak mengetahui tentang manfaat puskesmas, cenderung merasa tidak membutuhkan pelayanan kesehatan pada Puskesmas. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya pengetahuan dan sikap masyarakat tentang sarana pelayanan Puskesmas di Desa Bomba Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi. Jenis Penelitian adalah deskriptif. Variabel dalam penelitian ini pengetahuan dan sikap tentang sarana pelayanan Puskesmas. Data diperoleh melalui data primer dan sekunder dengan menggunakan analisa univariat. Populasi dalam penelitian ini seluruh kepala keluarga yang tercatat pada data penduduk Desa Bomba Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi dengan jumlah 311 jiwa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 39 orang yang dihitung dengan metode proportional random sampling. Hasil penelitian pengetahuan menunjukkan bahwa 9 responden (23,1%) dengan kategori kurang, 1 responden (2,6%) dengan kategori cukup 29 responden (74,4%) dengan kategori pengetahuan baik. Responden dengan kategori sikap kurang dan cukup memiliki jumlah yang sama, yaitu masing-masing sebanyak 18 responden dengan persentase yang sama sebesar 46,2% sedangkan 3 responden lainnya (7,7%) dengan kategori sikap baik. Pengetahuan masyarakat tentang sarana pelayanan kesehatan lebih banyak baik, namun sikap masyarakat masih kurang baik. Diharapkan kepada masyarakat agar meningkatkan perilaku pencarian pelayanan kesehatan dengan menggunakan pengobatan yang lebih teruji keilmiahannya salah satunya melalui pemanfaatan sarana pelayanan kesehatan pada Puskesmas, jika melakukan pengobatan secara tradisional atau sejenisnya, sebaiknya diseimbangkan dengan pengobatan pada fasilitas kesehatan modern. Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Sarana Pelayanan Kesehatan, Puskesmas

Item Type: Thesis (S 1)
Subjects: Pengetahuan Sikap
Divisions: Prodi Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Perpustakaan STIK IJ
Date Deposited: 23 Jun 2025 03:29
Last Modified: 23 Jun 2025 03:29
URI: http://repository.stik-ij.ac.id/id/eprint/376

Actions (login required)

View Item View Item