HOSIANAWATI, RAI (2023) KEPUASAN PASIEN TENTANG MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS TORUE KECAMATAN TORUE KABUPATEN PARIGI MAUTONG. S 1 thesis, STIK Indonesia Jaya.
Full text not available from this repository.Abstract
Mutu pelayanan kesehatan bagi pasien tidak lepas dari rasa puas terhadap pelayanan kesehatan yang diterima. Hasil wawancara awal peneliti tanggal 7 Mei tahun 2024 pada 7 orang responden menyatakan bahwa 4 orang mengatakan pelayanan kurang cepat dalam waktu tunggu yang lama, kurangnya peralatan perlengkapan pelayanan, 2 orang mengatakan jadwal pelayanan yang diberikan kurang tepat serta petugas yang ingin ditemui sering tidak hadir di Puskesmas, 1 orang menyatakan puas. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya kepuasan pasien tentang mutu pelayanan kesehatan meliputi reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible di Puskesmas Torue Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong. Jenis penelitian adalah deskriptif. Variabel dalam penelitian ini yaitu kepuasan pasien tentang mutu pelayanan kesehatan. Jenis data adalah primer dan sekunder. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan analisis univariat. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien yang datang berkunjung ke Puskesmas Torue. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 43 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, kepuasan pasien tentang mutu pelayanan kesehatan pada dimensi reliability yang puas sebanyak 62,8% dan kurang puas sebanyak 37,2%. responsiveness yang puas sebanyak 60,5% dan kurang puas sebanyak 37,2%. assurance yang puas sebanyak 62,8% dan kurang puas sebanyak 37,2%. empathy yang puas sebanyak 60,5% dan kurang puas sebanyak 39,5%. tangible yang puas sebanyak 67,4% dan kurang puas sebanyak 32,6%. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat kepuasan pasien tentang mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Torue dari segi reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangible. Saran yaitu kepada petugas kesehatan di Puskesmas Torue untuk selalu melakukan evaluasi terhadap tingkat kepuasan pasien. Kata Kunci: Kepuasan, Mutu, Pelayanan, Kesehatan
Item Type: | Thesis (S 1) |
---|---|
Subjects: | Kesehatan Masyarakat |
Divisions: | Prodi Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Perpustakaan STIK IJ |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 02:18 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 02:18 |
URI: | http://repository.stik-ij.ac.id/id/eprint/393 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |