FERNANDY, FERDY (2021) PERSEPSI PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM TORA BELO KABUPATEN SIGI. S 1 thesis, STIK Indonesia Jaya.
Full text not available from this repository.Abstract
Pelayanan keperawatan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan dirumah sakit yang mempunyai peranan terhadap pencapaian efisiensi, mutu citra rumah sakit di masyarakat. Perawat merupakan salah satu tenaga profesional, sehingga perlu peningkatan mutu pelayanan asuhan keperawatan rumah sakit. Hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti ada 10 pasien mengatakan bahwa pelayanan yang di berikan cukup bagus dan memuaskan, namun ada 3 orang pasien mengatakan belum puas dengan pelayanan yang diberikan, kurang tanggap terhadap keluhan pasien yang dirawat di ruangan. Penelitian ini bertujuan untuk diketahuinya persepsi pasien terhadap mutu pelayanan keperawatan di ruangan instalasi rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Torabelo Kab.Sigi. Jenis penelitian ini menggunakan metode rancangan penelitian deskriptif, di instalasi rawat inap Rumah Sakit Umum Tora Belo Kabupaten Sigi. Ruangan Cemara, Eboni. Pengumpulan data menggunkan kusioner. Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi pasien terhadap mutu pelayanan keperawatan. Analisa data menggunakan analisa univariat. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien yang dirawat inap dengan jumlah sampel sebanyak 44 orang dengan menggunakan proporsive sampling dengan cara accidental sampling yang memenuhi kriteri inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian persepsi pasien terhadap mutu pelayanan keperawatan di ruangan instalasi rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Tora Belo Kabupaten Sigi menunjukan bahwa dari 44 responden lebih banyak pasien yang berpersepsi baik yaitu 23 (52,3%) Sedangkan pasien yang berpersepsi kurang baik yaitu 21(47,7%). Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa sebagian besar responden memiliki persepsi baik terhadap mutu pelayanan keperawatan Rumah Sakit Umum Tora Belo Kabupaten Sigi. Saran Pihak rumah sakit Umum Tora Belo diraharapkan dapat lebih meningkatkan kualitas mutu pelayanan keprawatan dan kesehatan melalui program pelatihan ataupun seminar kesehatan. Kata Kunci : Persepsi pasien, Mutu pelayanan, keperawatan
Item Type: | Thesis (S 1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Keperawatan |
Divisions: | Prodi Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Perpustakaan STIK IJ |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 02:19 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 02:19 |
URI: | http://repository.stik-ij.ac.id/id/eprint/258 |
Actions (login required)
View Item |