KEPUASAN PASIEN TENTANG PELAYANAN PETUGAS KESEHATAN DI PUSKESMAS KASIMBAR KECAMATAN KASIMBAR KABUPATEN PARIGI MOUTONG

MITADIANTI, MITADIANTI (2022) KEPUASAN PASIEN TENTANG PELAYANAN PETUGAS KESEHATAN DI PUSKESMAS KASIMBAR KECAMATAN KASIMBAR KABUPATEN PARIGI MOUTONG. S 1 thesis, STIK Indonesia Jaya.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada era globalisasi, pelayanan prima merupakan elemen utama dirumah sakit dan unit kesehatan. Kepuasan pasien tergantung pada kualitas pelayanan. Pelayanan adalah semua upaya yang dilakukan karyawan untuk memenuhi keinginan pelanggannya dengan jasa yang akan diberikan. Berdasarkan hasil wawancara 10 Juni 2022 di Puskemas Kasimbar lima dari tujuh responden mengeluh tentang pelayanan yang diberikan oleh tenaga kesehatan Puskesmas Kasimbar. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya kepuasan pasien tentang pelayanan Petugas Kesehatan di Puskemas Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatifdeskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau memberi gambaran pada objek, Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dengan 43 item untuk penilaian kepuasan pasien tentang pelayanan Petugas Kesehatan. Analisa data menggunakan analisa univariat. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 responden di Puskemas Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepuasan berdasarkan tangibles dan reability bahwa Sebagian besar kurang memuaskan (51,8%), berdasarkan assurance sebagian besar memuaskan (92,9%), berdasarkan responsiveness sebagian besar memuaskan (67,9%), dan berdasarkan empaty sebagian besar kurang memuaskan (91,1%). Kesimpulan bahwa tingkat kepuasan pelayanan Petugas Kesehatan yaitu sebagian besar kurang memuaskan berjumlah 53 orang (94,6%), dan sangat memuaskan 3 orang (5,4%). Dari hasil penelitian tersebut disarankan bagi Puskesmas Kasimbar untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada pasien, dan kepada peneliti selanjutnya skripsi ini dapat menjadi referensi dan menambah ilmu penetahuan dan pengalaman peneliti selanjutnya. Saran semoga skripsi ini dapat menjadi referensi dan menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman peneliti selanjutnya dan diharapkan untuk puskesmas Kasimbar dapat meningkatkan mutu pelayanan kepada pasien. Kata kunci : Kepuasan, Pasien, Pelayanan Petugas Kesehatan

Item Type: Thesis (S 1)
Subjects: Ilmu Keperawatan
Divisions: Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Perpustakaan STIK IJ
Date Deposited: 30 Nov 2024 04:09
Last Modified: 30 Nov 2024 04:09
URI: http://repository.stik-ij.ac.id/id/eprint/246

Actions (login required)

View Item View Item